Kamo Group berhasil membangun sistem dan fundamental perusahaan yang lebih baik dari sebelumnya, dari mulai sistem oprasional, keuangan, dan sumberdaya manusia. Kamo Group memiliki aset-aset untuk mendukung oprasional seperti kendaaran dan gudang. Lokasi cabang pusat dari Kamo Group beralamat di Jalan Achmad adnawijaya st no. 106 Rt. 01/15 Tegal gundil, Bogor utara. Semua pusat manajemen dan oprasional berawal dari cabang pusat kamo group. Kamo Group mempunyai beberapa tim inti dalam membantu sistem manajemennya yaitu terdiri dari dua jajaran direksi, satu head officer, tiga supervisior dan staff keuangan. Sistem satu pintu juga diterapkan untuk meningkatkan kekuatan kuantitas order produk. Produk yang dikirim dari supplier ke gudang kamo akan didistribusikan ke cabang – cabang kamo group pada hari kerja. Beberapa supplier utama yang bekerjasama dengan Kamo Group yaitu PT Tigaraksa Satria, PT Evo Nusa Bersaudara, PT Royal Canin Indonesia, PT Central Proteina Prima, PT Anugrah Argon Medica dan masih banyak lagi. Kamo Group menggunakan software bernama IPOS untuk membantu proses input data penjualan dan inkaso.
Seiring berkembangnya pangsa pasar dan modal, Kamo Group memulai beberapa lini bisnis baru seperti klinik hewan, online shop, maklun produk dan grosir hingga membuka kerjasama waralaba toko. Meski para founder tidak memiliki latarbelakang veterinary, mereka tetap berusaha menyediakan pelayanan klinik yang baik dan benar, hingga klinik pertama Kamo Group resmi beroprasi di cabang Kamo Petshop Cimanggu. Dalam ranah online, Kamo Group mampu bersaing dalam media E-commerce seperti Tokopedia dan Shopee. Kamo Group juga memiliki Instagram aktif dengan kurang lebih 700 followers. Produk yang dimiliki Kamo Group saat ini berupa beberapa jenis shampoo hewan dan vitamin hewan minyak ikan.
Kamo Group saat ini memiliki 12 cabang perusahaan dan 1 cabang waralaba. Rata-rata omset yang didapat oleh Kamo Group mencapai 1,2 Miliyar perbulan dengan rata-rata laba bersih 130 juta. Karyawan yang menjadi tim Kamo Group berjumlah lebih dari 40 orang termasuk staff retail dan manajerial. Kamo Group sangat memperhatikan kinerja dan pencapaian para karyawannya, oleh karenanya Kamo Group mempunyai sistem insentif pada seluruh staff yang berhubungan langsung dengan proses sales.
Risiko Usaha:
• Risiko Persaingan Usaha
Bisnis pet shop merupakan bisnis yang cukup banyak kita temui di setiap kota dengan kapasitas yang berbeda-beda. Hal ini menunjukkan geliat bisnis ini tumbuh cukup baik. Kamo group sebagai pemain lama yang sudah berpengalaman dari 2017 dan lebih mapan memiliki percaya diri untuk unggul dibandingkan dengan pesaing yang lainnya. Faktor lokasi juga merupakan hal penting yang kami perhatikan dalam pemilihan pembukaan cabang. Pengalaman mengelola beberapa cabang serta harga beli yang lebih kompetitif dari supplier menjadikan kami lebih optimis untuk bersaing. Selain itu, kami berupaya untuk memenuhi kebutuhan semua kalangan dari menengah hingga atas sehingga customer memiliki pilihan produk yang lebih variatif.
• Risiko Keberlangsungan Usaha
Terdapat risiko kelangsungan usaha pada saat masa kontrak kerjasama dan sewa berakhir. Secara profesional kerjasama penggunaan ruko/cabang tersebut tertuang dalam perjanjian sewa-menyewa. Manajemen berkomitmen untuk mengamankan setiap risiko dengan melakukan opsi perpanjang yang dinegosiasikan setiap 6 bulan sebelum masa kontrak berakhir. Dengan terbentuknya brand image dan engagement yang baik dengan konsumen melalui kelengkapan layanan yang kami miliki (Produk, Service, Klinik). Harapan kami kedepannya hal tersebut dapat meningkatkan loyalitas konsumen sehingga tetap loyal dan terjaga meskipun terjadi perpindahan lokasi.
• Risiko Ekspansi Usaha
Ekspansi bisnis yang kami tawarkan kepada investor merupakan business plan perusahaan yang sudah kita rancang sejak awal tahun 2020. Tentu rencana ini merupakan bagian dari tujuan kami untuk meningkatkan value perusahaan baik dari sisi brand maupun revenue. Untuk lokasi usaha cabang baru kami telah menyiapkan lokasi dengan potensi traffic yang cukup tinggi terhadap target pasar dengan konsep cabang yang lebih luas dan persediaan yang lebih lengkap. Sedangkan untuk pembukaan cabang gudang grosir telah disiapkan tempat yang cukup luas dan mudah dijangkau untuk pengiriman ke para reseller. Dengan riset pasar dan pemetaan pesaing di lokasi yang akan kami lakukan pembukaan sesuai dengan segmen pasar yang kami bidik, kami yakin mampu memenangkan persaingan khususnya skala lokal.